Eliah Afrida,M.Pd.

Seorang guru SMP di kabupaten Indragiri Hulu Riau. ...

Selengkapnya

Kapan Sebaiknya Bersekolah

Ayah bunda,

Sebagai orang tua kita dititipkan amanah seorang anak, yang harus kita rawat, didik dengan sebaik-baiknya. Pastinya setiap orang tua akan bangga dengan keberhasilan si buah hatinya. Sekecil apa pun keberhasilan itu.

Namun, sebagai orang tua tentunya kita harus mengetahui kapan buah hati kita siap memasuki usia sekolah. Sepanjang kita mengikuti aturan yang berlaku tentang usia sekolah, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Pemerintah sudah menetapkan usia yang boleh memasuki Sekolah Dasar.

Tapi bagaimana jika sebagian orang tua, dengan berbagai alasan begitu sangat ingin anaknya masuk Sekolah Dasar dengan usia yang masih dini. Berbagai cara sang bunda lakukan agar si kecil lolos seleksi. Walaupun harus mengubah tanggal dan tahun lahir.

Amankah bunda?

Memang, di negara kita ada program ekselerasi. Namun, bukankah itu hanya untuk anak-anak yang memiliki keistimewaaan di antara teman sebayanya. IQ mereka di atas rata-rata.

Ayah bunda,

Orang tua pastilah lebih mengetahui tentang perkembangan buah hatinya. Mengapa memaksakan anak masuk Sekolah Dasar sementara anak masih asyik bermain.

Penulis sering menemukan data yang tidak sinkron antara NISN dan NIK siswa. Bisa ditebak penyebabnya adalah karena mengubah tanggal lahir. Karena kedua data tersebut berkaitan dengan tanggal lahir.

Setelah diamati, terdapat perbedaan mencolok antara siswa yang usia memang seharusnya dengan siswa yang terlalu dini masuk sekolah. Nampak jelas kemampuan nalar siswa yang terlalu cepat sekolah, belum berkembang seperti teman-temannya.

Amankah ayah bunda?

Jika kita memaksakan kepada buah hati, ketika anak belum siap.

Ayah bunda, pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya.

Sesuatu yang dipaksakan pasti berakibat tidak baik.

Semoga ayah bunda bijak mengambil keputusan tentang kapan anak mulai sekolah.

Apa salahnya terlambat sekian bulan, daripada terlalu cepat sekian bulan....

Karena, memasukkan anak ke sekolah bukan masalah untung dan rugi sekian bulan

Tapi yang jauh lebih penting, seberapa siap buah hati untuk menerima pelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul banget bunda.. Usia yg lebih mapan menumbuhkan kemandirianndan tanggung jawab pada tugas dan kewajibannya masing2. Salam kenal bunda

09 Mar
Balas

Salam literasi bunda.

09 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali